Menghadapi Bencana Hidrometeorologi Dandim 0819 Hadiri Apel Gelar Pasukan



Bali - Pemerintah Daerah Kota Pasuruan bersama instansi terkait melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Dalam Menghadapi Bencana Hidrometeorologi dalam rangka siapan tanggap bencana alam Tahun 2022. 


Kegiatan apel gelar pasukan dan peralatan tersebut tergelar di Lapangan Wicaksana Laghawa Jl. Gajah Mada No.19 Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Panggungrejo Pasuruan Kota. Senin, (24/10/2022).


Apel tersebut dipimpin oleh Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo, S. TP., M.Si. diikuti kurang lebih 250 orang personil gabungan TNI, Polri, Dishub, Sat Pol PP dan BPBD Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0819 Pasuruan Letkol Inf Nyarman, M.Tr. (Han) dan Kapolresta Pasuruan Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si., beserta Forkopimda Kota Pasuruan.


Adapun tujuan dari diadakannya apel tersebut yaitu untuk mengecek kesiapan personil, kelengkapan sarana dan prasarana serta instansi dalam menghadapi bencana Hidrometeorologi khususnya di wilayah Kota Pasuruan. Upaya yang dilakukan yaitu meningkatkan kesiapsiagaan bencana, meningkatkan kesadaran, kewaspadaan serta salah satu upaya mitigasi bencana.


Dalam sambutannya, Wakil Walikota mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama oleh berbagai pihak terkait dalam rangka kesiapsiagaan Pasukan dan Peralatan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi di wilayah Pasuruan Kota. 


Adi Wibowo selaku Wakil Walikota Pasuruan juga berharap semua yang direncanakan nantinya dapat berjalan dengan optimal, aman, damai dan kondusif.


Dalam apel tersebut, Ia juga menekankan beberapa hal untuk menghadapi tugas yang diberikan yaitu meningkatkan sinergitas antar stakeholder dalam upaya mitigasi menghadapi bencana, melakukan pendekatan kepada masyarakat terkait peran serta menghadapi bencana, menyiapkan mental serta fisik yang prima dan menghindari ego sektoral.


Selain itu, Adu Wibowo juga menegaskan terkait merencanakan jalur evakuasi untuk mencegah penyebaran Covid-19, melakukan pengecekan alat serta pelatihan secara terus menerus dan terpadu kepada personil yang akan ditugaskan.


"Serta patuhi protkes dimanapun dan kapanpun karena setiap individu merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19," tutup Wakil Walikota.


Usai melaksanakan apel, Wakil Walikota Pasuruan bersama Dandim 0819 Pasuruan dan Kapolresta Pasuruan beserta unsur Forkopimda Kota Pasuruan meninjau kesiapan sarana dan prasarana serta peralatan untuk penanggulangan bencana.  **

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama